Rabu, 09 Juni 2010

Virus Komputer

Virus Komputer

Virus pada computer adalah aplikasi atau program komputer yang bisa merusak suatu program komputer atau pun juga dapat merusak data dokumen yang terdapat pada komputer, virus komputer membuat user merasa terganggu ataupun tidak menimbulkan pengaruh apapun. Virus komputer tidak jauh berbeda dengan virus biologi yang menyebar dengan cara menyisipkan diri ke sel suatu mahluk hidup yang menjadi sasaranya. Virus komputer atau menyalin diri sendiri kedalam program atau dokumen lain.

Suatu virus pada komputer pada umumnya bisa merusak software atau perangkat lunak komputer dan secara tidak langsung merusak perangkat keras komputer, virus komputer dapat merusak hardware dengan cara memuat program pada komputer untuk memaksa over process ke perangkat tertentu misalnya VGA, RAM, atau Harddisk.

Pengaruh buruk dari virus komputer yang paling utama adalah virus yang selalu memperbanyak diri sendiri, yang dapat membuat sumber daya komputer, misalnya pada penggunaan memori menjadi berkurang. Hampir 95 persen virus menyerang pada sistem operasi berbasis windows. Sisanya, 2 persen virus menyerang Linux / GNU dengan versi 1.4 kebawah (dan Unix, sebagai open source dari linux). 1 persen virus menyerang Mac terutama Mac OS 9, Mac OS X (Tiger, Leopard). 2 persen lagi menyerang sistem operasi lain seperti FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar